Yuk Lakukan Perubahan Untuk Iklim Yang Lebih Baik

  • Home /
  • Artikel /
  • Yuk Lakukan Perubahan Untuk Iklim Yang Lebih Baik

Yuk Lakukan Perubahan Untuk Iklim Yang Lebih Baik

Pernahkah kalian melakukan sesuatu tetapi selalu gagal? Atau bahkan menyerah sebelum memulainya? Artinya kalian menyerah sebelum berperang! Saat ini saya sedang mengikuti workshop yang diadakan oleh Climate Institute yang bekerjasama dengan FNF Indonesia. Dengan tema "Mengkomunikasikan Perubahan Iklim Lewat Blog". Beruntungnya saya adalah bahwa ini kali pertama saya mengikuti workshop dan dengan tema yang sedang menjadi topik yang hangat, yaitu perubahan iklim.

Di hari pertama setelah pengenalan kami disuguhkan dengan film dokumenter yang berjudul Chasing Corals, dalam film tersebut menceritakan sebuah tim penyelam, photografer dan ilmuan dalam mengungkapkan misteri bawah laut keseluruh dunia. Awalnya mereka kesulitan dalam menemukan cara bagaimana bisa merekam terumbu karang di bawah laut dengan menggunakan kamera. Setelah beberapa kali gagal akhirnya mereka bisa memasang sebuah kamera di dalam laut. Mengapa mereka melakukan demikian? Tujuannya adalah dengan memperlihatkan bukti perubahan kondisi terumbu karang yang saat ini terjadi kepada publik. Dan pada akhirnya menginspirasi banyak penyelam dari berbagai negara untuk menyuarakan perubahan iklim yang terjadi di bawah laut tersebut. Jadi jangan pernah menyerah dengan apa yang sedang kamu usahakan, jika baru sekali gagal teruslah mencoba kegagalan tersebut sampai pada akhirnya ia menjadi buah yang sangat manis.

6838642-3x2-940x627.jpg
Google
"Tanpa laut yang sehat, kita tidak akan mempunyai planet yang sehat"-Richard Vevers
Fakta yang mereka temukan adalah bahwa setiap kenaikan suhu 2 derajat terumbu karang menjadi putih. Dan selama setahun terumbu karang akan tumbu hanya sepanjang 2cm. 
Kenapa terumbu karang tersebut menjadi putih? Disebabkan oleh pemanasan global atau perubahan iklim yang besar-besaran. Perubahan iklim adalah perubahan suhu global dalam jangka waktu tertentu atau dasawarsa. Sebab suhu di laut mengalami peningkatan dan melewati batas normal. Terumbu karang yang paling mendapatkan dampak dari perubahan iklim tersebut, dan ketika terumbu karang tersebut berubah menjadi putih dan mati maka alga akan menyelimuti terumbu karang tersebut.
Nah apakah hanya pemanasan global yang menyebabkan pemutihan terumbu karang? Bukan hanya itu, sebab lainnya adalah karna pengeboman di laut. Nelayan yang mencari ikan dilaut dengan cara tersebut juga berdampak pada pemutihan terumbu karang. Kamu suka ke laut? atau sekedar main-main dipinggir pantainya? Yuk lakukan perubahan kecil dengan tidak meninggalkan sampah kalian di laut. Dengan menjadi Kids Jaman Now mari kita membuat perubahan-perubahan kecil yang dapat berdampak besar pada perubahan iklim, meski perubahan iklim ini tidak dapat kita kembalikan pada posisi awal setidaknya kita sudah melakukan perubahan itu. Dan jika kalian masih suka makan ikan dan gak mau sampai ikan yang kalian makan memakan sampah dilautan, yuk jangan tinggalkan dan jangan membuang sampah kalian di laut!


Ditulis oleh Anisa Elvas

Alumni Climate Institute

Dapat diakses juga pada www.annisaelvas.com

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar