Konferensi Perubahan Iklim (COP24)

Konferensi Perubahan Iklim (COP24)

Konferensi Perubahan Iklim (COP24) secara resmi dimulai pada Minggu, 2 Desember 2018, dengan berdatangannya delegasi negara-negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa Bangsa di Katowice, Polandia.

Diyakini pertemuan ini akan membahas, dan lebih jauh lagi, menagih komitmen pemimpin negara dalam mengimplementasikan Kesepakatan Paris (Paris Agreement) 2015 dalam mengurangi emisi gas rumah kaca sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya.

Capaian Kontribusi Nasional Indonesia (NDC) tentu akan menjadi fokus dalam pertemuan ini. Tercatat dalam Kesepakatan Paris, aksi mitigasi secara sukarela emisi GRK Indonesia adalah sebesar 29 persen pada skenario business as usual pada tahun 2030, dan 41 persen dengan bantuan internasional.

Pemantauan capaian menjadi semakin penting terkait dengan dirilisnya publikasi Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) di awal Oktober lalu; yang melaporkan urgensi ambisi negara, sektor swasta dan masyarakat untuk membatasi kenaikan suhu dunia di bawah angka 1,5u00b0C guna menghindari bencana buruk ekologis yang tidak dapat diperbaiki di masa depan.

Sebelas tahun menuju 2030, namun sesungguhnya itu bukanlah waktu yang lama dalam mengusahakan tercapainya target penurunan emisi GRK. Diperlukan komitmen dan sinergisitas seluruh pemegang kepentingan dalam mendukung dan mengimplementasikan rencana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. Tak kalah penting adalah pemantauan berkala aksi-aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Perubahan iklim dan dampak buruknya tentu bukan permasalahan kelompok tertentu. Ada banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari level individu, kami yakin berbagi pengetahuan akan urgensi perubahan iklim merupakan langkah awal dari penyelamatan bumi.


Video selengkapnya dapat ditonton melalui tautan:  goo.gl/82ue8p 


Please share the knowledge on climate change if you care about our mother Earth.


#climatechange #perubahaniklim #COP24 #iklim #lingkungan #zerowaste #climateinstitute 

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar