Julukan Indah yang Kini Pudar

Julukan Indah yang Kini Pudar

Julukan Indah yang Kini Pudar

Oleh: Karina Audia (UNPAD - IYTCC Angk. 2)


Saat ini, Indonesia sedang dihebohkan dengan polusi udara yang terjadi di beberapa daerah. Manusia tidak bisa menghirup udara segar, wajah mereka tertutup oleh sebuah kain dari dagu hingga bawah mata.

Sebenarnya, tidak hanya Indonesia yang sedang dilanda oleh perubahan iklim. Tetapi seluruh dunia sedang mengalaminya juga. Tetapi setidaknya beberapa petinggi-petinggi di beberapa belahan benua memiliki cara tersendiri untuk mengurangi polusi yang berlebih.

Sebagai paru-paru dunia seharusnya Indonesia bisa lebih menjaga tanah Nusantara nya dengan baik, tegas, dan disiplin. Sudah seharusnya Indonesia bisa mempertanggung jawabkan apa yang dimilikinya dengan. Tegas dalam memperkerjakan orang-orang nya dalam bertindak terhadap alam. Lalu disiplin terhadap para perusak alam Indonesia.

Saking indahnya Tanah Air kita, sampai ada yang membuat lagu untuk memuja keindahan alam Indonesia. Aku bahagia hidup sejahtera di khatulistiwa, alam berseri-seri Bunga beraneka, itu adalah beberapa kutipan lirik lagu yang diciptakan untuk jamrud khatulistiwa yang kini telah tiada. Sekarang tidak ada lagu Indah lagi untuk Indonesia tercinta ini. Yang ada hanyalah sebuah cacian.

Beberapa julukan untuk Indonesia yaitu negara Seribu Pulau, Negara Biodiversitas, Heaven Earth, Macan Asia yang Tertidur, dan Mafia Asia. Satu-persatu julukan itu mulai hilang dan dilupakan orang.

Negara Seribu Pulau,mungkin sekarang pulau-pulau di Indonesia masih banyak. Tetapi dalam beberapa tahun ke depan, pulau-pulau itu akan tenggelam akibat penambangan pasir laut dan abrasi. Diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan 25 tahun ke depan lah, lebih dari 2000 pulau yang akan tenggelam dikutip dari dw.com.

Indonesia termasuk kedalam Negara Megadiversitas, bukan hanya biodiversitas lagi. Itu artinya Indonesia kaya akan keanekaragaman hayatinya. Tetapi sekarang, hutan-hutan di Indonesia mulai lenyap karena adanya penebangan liar dan terstruktur. Otomatis kehidupan yang ada didalamnya juga punah. Ini juga yang membuat kualitas udara yang menjadi buruk dan mencemari tubuh-tubuh manusia di permukaan bumi.

Heaven Earth, Macan Asia yang Tertidur, dan Mafia Asia, merupakan beberapa julukan yang diberikan dunia kepada Indonesia yang tidak bisa terpisahkan, berhubungan antara satu dengan yang lain. Kekayaan alam yang melimpah, subur, pemandangan alam yang terbentang luas, seharusnya Indonesia bangun! Sudah saatnya Macan yang tertidur bangun dan menajamkan seluruh inderanya untuk menjaga dan mempertahankan tempat tinggalnya. Indonesia juga dijuluki Mafia Asia karena merupakan Negara yang berpengaruh dalam penggerak permasalahan yang ada di Asia.

Kini, orang sudah tidak lagi mengenal julukan-julukan tersebut. Anak-anak sang pembawa tongkat estafet masa depan tidak lagi di beritahu tentang julukan tersebut. Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa atas perubahan iklim yang membawa dampak besar pada seluruh kehidupan manusia di muka bumi ini. Ketika kita menyalahkan satu orang, maka orang itu akan menyalahkan orang lain, dan begitu seterusnya seperti efek domino. Yang harus kita lakukan saat ini bukan hanya melihat atau mendengar tetapi butuh tindakan yang ekstra cepat untuk mengurangi, menghindari, dan mengobati alam kita yang terluka parah ini. Butuh operasi sesegera mungkin untuk memperbaiki iklim dunia juga.

Komentar
  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar